haji malik. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Definisi Filsafat dan menurut para Pakar Filsafat


Secara praktis nya filsafat berarti “alam pikiran” atau “alam berfikir” berfilsafat artinya berfikir secara mendalam dan sungguh - sungguh. Manusia seperti kita di karuniai akal oleh Allah SWT yang mana membedakan antara makhluk - makhluk ciptaan nya yang lain, karena hanyalah manusia saja yang Allah SWT berikan akal bukan kepada makhluk nya yang lain dan dipergunakan untuk berfikir yang positif karena fitroh manusia sendiri ialah selalu berbuat kebaiakan di muka bumi ini sebagai kholifatu fil ardhi, maka apabila dia berfikir tenteng sesuatu maka dia adalah sedang berfilsafat, tetapi bukan filosof. 


Filosof adalah orang yang memikirkan hakekat segala sesuatu dengan sungguh– sungguh dan secara mendalam, sedangkan hasil nya ditamakan ilmu filsafat atau dengan kata lain filsafat ialah yang mengkaji, mempelajari hakekat sesuatu dengan sungguh–sungguh untuk menemukan hakeket kebenaran segala sesuatu itu.
   Beberapa definisi filsafat menurut banyak ahli – ahli fisafat diantara nya :
1.      Para filsuf pra socrates
          lmu yang berupaya untuk memahami hakikat alam dan realitas dengan mengandalkan akal budi. Mereka menanyakan tentang arche yakni mula atau asal – usul alam dan berusaha menjawab nya dengan menggunakan logos atau rasio tanpa percaya lagi pada jawaban mitos bahkan legenda.
2.      Plato
           Ilmu pengetahuan yang berusaha merai kebenaran yang asli dan murni dan dia mengatakan filsafat penyelidikan tentang sebab-sebab dan asas-asas yang paling akhir dari segala sesuatu yang ada.
3.      Aristoteles
          Ilmu pengetahuan yang senantiasa berupaya mencari prinsip-prinsip dan penyebab-penyebab dari realitas yang ada.
4.      Rene descartes
          Himpunan dari segala ilmu pengetahuan yang pangkal penyelidikan nya mengenai tuhan, alam dan manusia.
5.      William james
Suatu upaya yang luar biasa hebat untuk berpkir yang jelas dan terang.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.